AMD APU A-Series Kaveri

Setelah diperkenalkan secara global pada ajang Consumer Elevtronics Show (CES) 2014 di Las Vegas, Amerika pada beberapa hari lalu, akhirnya pada tanggal 17 Januari 2014 secara resmi Advanced Micro DevicesAMD Indonesia merilis prosesor generasi terbaru AMD Acelerated Processing Unit (APU) A-Series, yang bernama Kaveri.

Bagi yang belum tahu apa itu prosesor APU, APU adalah teknologi AMD yang dikembangkan sejak tahun 2006 dimana AMD menggabungkan chip GPU dan CPU menjadi satu kesatuan. Berbeda dengan prosesor jenis APU lainnya, Kaveri mengusung teknologi arsitektu HSA (Heterogeneous System Architecture).




Teknologi HSA memungkinkan CPU dan GPU dapat bekerja secara bersamaan dan mana dapat mempersingkat serta mempermudah kinerja komputasi yang nantinya juga akan dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh para pengembang untuk menciptakan sebuah aplikasi dibanding sebelumnya.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh Kaveri adalah dibuat dengan teknologi proses manufaktur 28nm yang menawarkan prosesor dengan arsitektur baru yang disebut dengan Steamroller. Kaveri pun mengusung grafis dengan arsitektur GCN  (Graphics Core Next) AMD Radeon R7 Series, yang sudah mendukung API Mantle, sehingga mampu menghasilkan kualitas grafis yang tinggi.


Sedikitnya terdapat tiga buah produk AMD yang berada di bawah bendera Kaveri, yakni A8-7600, A10-7700K, dan A10-7850K. Masing-masing produk dijual mulai dari harga USD 119, USD 152, hingga harga termahal USD 173. Untuk A10-7700K dan A10-7850K, kedua produk tersebut sudah dapat dijumpai di pasar Indonesia sejak Jumat (17/01) kemarin, sedangkan untuk A8-7600 baru akan tersedia pada beberapa pecan mendatang.


0 komentar: