HP Compaq dc7800


Solid State Disk  (SSD) memang sudah beberapa lama hadir di pasaran, dan masih terbilang cukup mahal untuk digunakan pada komputer desktop standar. Untuk itu, SSD lebih sering ditawarkan sebagai salah satu pilihan dalam komputer notebook. Berbeda halnya dengan produsen komputer yang satu ini, HP, baru-baru ini ia mengumumkan sebuah produk komputer desktop dengan dilengkapi penggunaan SSD, untuk jajaran produk  slim  desktop PC-nya. Keuntungan dari penggunaan SSD untuk komputer notebook, memang terbilang signifi  kan dengan penurunan konsumsi daya dan toleransi guncangan yang lebih baik, karena tidak adanya komponen yang bergerak (mekanik) di dalam SSD. 


Sedangkan untuk computer desktop, hal ini tidak akan terlalu terlihat jelas. Memang dengan SSD, waktu boot  akan terasa lebih cepat, dan sepertinya akan menjadi faktor utama bagi pengguna yang tidak memiliki kesabaran menunggu waktu  booting. Namun keunggulan utama dari SSD adalah terletak di sisi  power saving-nya, atau efisiensi penggunaan daya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan HDD tradisional.
Produk HP yang sudah menawarkan solusi opsional SSD tersebut diberi nama HP Compaq dc7800, dan awalnya hadir dengan dilengkapi HDD berkapasitas 80 GB. Pilihan bila ingin menggunakan SSD sendiri hanya mencapai kapasitas 16 GB saja. Ini memang pilihan yang kurang menarik bagi pengguna yang menginginkan kapasitas besar, apalagi dengan penawaran harga yang meningkat hingga $300 dari harga awal, bila memilih menggunakan SSD. Total harga yang harus dikeluarkan konsumen dengan menggunakan SSD berkisar pada nominal $1258, dan untuk model basisnya sendiri memiliki penawaran harga sebesar $729.


 

0 komentar: